Cara Membuat Foto Yang “Tidak Terfokus”

Foto yang tajam dengan detail foto yang bagus merupakan sesuatu yang kebanyakan fotografer jadikan tujuan dalam memotret, tetapi membuat subyek utama atau bahkan keseluruhan foto secara sengaja tidak fokus bisa menciptakan foto dengan kesan fantasi yang menarik perhatian.

lost in narrow paths...

Pada dasarnya ada Dua strategi yang bisa Sobat lakukan jika ingin menciptakan foto-foto yang tidak terfokus.

  1. Sobat bisa memilih untuk memfokuskan ke obyek yang terlihat tidak penting dalam foto. Lakukan hal ini dengan memilih aperture lebar yang akan memberikan Depth Of Field atau ruang tajam yang sempit dan fokuskan ke satu elemen yang ada di depan atau belakang subyek utama.
  2. Opsi lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat seluruh area foto tidak terfokus tetapi tetap memilih elemen yang ada di depan subyek untuk terfokus dengan baik. Penggunaan Aperture lebar akan sangat membantu kalian, dan Sobat mungkin butuh untuk menggunakan pengaturan fokus manual atau jika tidak kamera akan dengan otomatis mencari fokus secara otomatis.

Pilihan kedua sepertinya akan membutuhkan sedikit uji coba. Mengambil terlalu tidak terfokus akan menyebabkan subyek sulit untuk dikenali. Kuncinya adalah memberikan cukup fokus pada subyek agar tetapi dikenali dari bentuk serta warna, tetapi cukup tidak terfokus untuk memberikan suasana ‘fantasi’

Unfocus

just sitting...

why focus VI

Leave a comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s