Latihan Fotografi Landscape

 

1. Latihan teknik eksposure yang baik

Shutter speed, aperture, ISO, mode exposure harus di luar kepala. Karena exposure landscape itu emang paling susah karena range cahayanya besar sekali. Pelajari mode manual exposure agar metering tidak ‘lari-lari’. Jangan lupa filter Gradual ND ataupun teknik HDR untuk situasi yang sulit.

Contoh cahaya yang sulit

 

2. Latihan komposisi dasar dan keluar dari komposisi ‘baku’ tersebut

Rule of third memang sangat membantu. Tapi ada kalanya komposisi dead center malah lebih bagus. Perhatikan karakter dari scene dan lihat apa yang mau disampaikan dan cari komposisi yang sesuai. Lagipula, aturan ada juga untuk dilanggar bukan?

Komposisi ‘dead center’

 

3. Latihan di tempat yang sama

Tidak perlu pindah lokasi kalau foto kita belum bagus. Mungkin kita datang pada waktu yang salah. Untuk latihan, gunakan lokasi yang sama tapi waktu yang berbeda. Sebagai contoh pagi, siang, dan sore. Cobalah latihan di hari yang berbeda pula, akan ada perubahan yang sangat signifikan. Hasilnya kita akan mengerti warna, kualitas cahaya, temperatur cahaya yang akan berdampak pada elemen.

gambar atas sore hari, bawah pagi hari
gambar atas pagi hari, bawah sore hari
pantai dreamland, jam 4 sore dan jam 6 sore
pantai dreamland, jam 4 sore dan jam 6 sore
cuaca yang berbeda di bulan yang berbeda
cuaca yang berbeda di bulan yang berbeda

4. Latihan di musim yang berbeda

Tiap musim memiliki karakter yang berbeda. Buat yang di Indonesia (kayak gw ada di luar negeri aja ) coba latihan pada musim hujan, pancaroba, dan kemarau. Dengan ini kita akan mengerti warna dan kualitas cahaya serta pengaruh perubahan alam terhadap hasil foto. Kalau kata teman saya sih di Bromo tiap bulan pasti beda keadaannya.

musim, cuaca yang berbeda tapi tempat yang sama
musim, cuaca yang berbeda tapi tempat yang sama

5. Latihan dengan arah cahaya yang berbeda

Side light, top light, back light artinya adalah posisi matahari. Coba dengan berbagai macam sudut datang cahaya yang berbeda dan coba atasi untuk mendapatkan exposure yang baik. Hasilnya anda akan mengerti aplikasi filter dan variasi exposure yang harus diterapkan.

arah cahaya yang berbeda
arah cahaya yang berbeda

6. Banyak lihat referensi

Lihat lihat di internet banyak sekali contoh – contoh foto. Untuk referensi lihatlah foto yang bagus bagus seperti di time catcher atau onexposure

 

7. Latihan sabar, sabar, dan sabar

Yup, benar sekalisobat sobat. Fotografi landscape jadi susah karena kita jarang sekali bisa sabar (baca:malas). Butuh kesabaran ekstra tinggi buat nunggu momen yang pas. Gak percaya ? coba buka website michael fatali, liat di setiap gambarnya ada “field notes” di bagian “waiting for the light”, ada yang sehari, 2 hari, seminggu, sebulan. Percaya kan? So, be patient aja ya.

Leave a comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s