Alasan Kenapa Kita Harus Memotret

Setiap orang bisa memiliki kamera dengan mudah, dan perangkat ini bukan lagi suatu barang yang mahal, lalu kenapa kita harus susah-susah memotret? Kenapa tidak membiarkan orang lain saja yang mengabadikan momen-momen berharga kita, seperti pada acara reuni, anak-anak kita, olah raga. Bukankah Sobat bisa meminta hasil foto atau cetakan mereka bukan?

 
2009 Challenge 109/365 - Clock
 
Satu hal yang pasti jika kita meminta orang lain untuk memotret adalah Kita akan kehilangan banyak kesenangan dalam momen-momen tersebut dibandingkan dengan mengabadikannya sendiri atau belajar memotret sendiri dengan baik. Berikut ini adalah beberapa alasan yang sepadan kenapa kita harus mengambil foto-foto tersebut dengan tangan kita sendiri.
  1. Fotografi adalah personal
    Hanya Sobat sendiri yang mengerti bagaimana melihat dunia tersebut. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam melihat dunia, dan prespektif kalian adalah unik. Saudara kita bisa dipastikan tidak akan memotret seperti apa yang kita lakukan, sebagai contoh dia akan banyak memotret anak kecil, sedangkan kita lebih cenderung menonjolkan hal yang lain. Sahabat kalian lebih suka memotret landscape ketika bepergian, sedangkan Sobat lebih senang mengabadikan momen seorang anak kecil yang sedang memancing bersama ayahnya. Mereka tidak akan terpikir kenapa kita memotret hal yang berbeda, dan hanya Sobat yang bisa merekam dunia kalian sendiri, mempercayakan pada orang lain berarti Sobat akan kehilangan visi itu sendiri. 
  2. Foto memberikan nilai sejarah
    Foto anak-anak kita yang sedang bermain mungkin akan terkesan biasa saja pada saat ini,tetapi bagaimana dengan 20 tahun dari sekarang, dimana anak-anak kita melihat foto-foto tersebut, mengingat kembali masa kecil mereka (dan bahkan mungkin mereka akan sedikit mengingatnya). Bukan hanya pada foto anak-anak, dengan memotret rumah kita juga akan mendapatkan nilai sejarah, mobil pertama kita, halaman serta taman yang berubah seiring waktu yang berjalan.
  3. Memotret bisa mengasah kreatifitas
    Percaya atau tidak, kreatifitas kita akan terasah jika kita sering melihat melalui kamera dan mencoba memutuskan elemen-elemen apa yang kita masukkan ke dalam foto atau gambar kita.Semakin banyak Sobat memotret maka akan semakin banyak kreatifitas yang akan muncul.
  4. Fotografi merupakan terapi yang bagus
    Hampir sama dengan nomor 3 tetapi ini bisa dikatakan lebih dari sekedar kreatifitas.fotografi bisa membantu Kita melihat dunia dengan kacamata yang berbeda. Jika Sobat sedang jengkel, marah atau bahkan sedih, coba ambil kamera dan keluarlah mencari keindahan. Potretlah apa saja yang membuat kalian tertarik, mobil di halaman depan, taman, kota dimalam hari, bunga, hewan. Kehidupan yang dilihat melalui kamera akan terasa penuh dengan keindahan. Fokus pada bagaimana sebenarnya lingkungan sekitar kita juga bisa membantu mengurangi pemikiran-pemikiran negatif.
  5. Fotografi efektif dalam pertemanan
    Fotografer baik itu yang amatir, pehobi maupun professional sangat senang jika berbicara tentang dunia fotografi. Sobat tidak akan kekurangan teman bicara jika bergabung dengan sebuah komunitas fotografi. Sobat pastinya juga akan belajar banyak tentang fotografi dari mereka yang sudah menghasilkan foto-foto bagus.
  6. Fotografi merupakan sebuah cara untuk berbagi kehidupan kita dengan orang lain
    Terkadang terasa sulit untuk berbicara dengan anggota keluarga yang lain, hanya karena mereka saudara bukan berarti kita memiliki banyak kesamaan dengan mereka. Berbagi foto-foto kalian dengan mereka merupakan cara baik untuk meruntuhkan batasan tersebut, tunjukkan kepada mereka apa yang penting dalam kehidupak kalian. Sobat bisa berbagi foto-foto perjalanan atau travelling ke daerah-daerah yang telah kita kunjungi.
  7. Foto bisa dijadikan sebuah hadiah atau kado bagi orang lain
    Kartu ucapan yang berasal dari hasil foto kita bisa menjadi hadiah/kado yang bagus, dan sebuah kalender yang berisi foto-foto keluarga merupakan hadiah yang sempurna untuk orang tua dibandingkan barang-barang mewah lainnya. kartu ucapan atau kalender bukan hal yang sulit dibuat saat ini, kalian bahkan bisa membuatnya secara online. Sobat bisa juga menggunakan foto kalian pada mouse pad, mug atau bahkan stempel.
  8. Fotografi bisa memperindah website atau blog
    Hanya dengan tulisan tidak akan menyebabkan orang lain berlama-lama ketika mengunjungi website atau blog kita, jadi mau tidak mau kalian harus menyertakan foto didalamnya. Sobat bisa saja menggunakan hasil foto orang lain, tetapi akan lebih mudah jika menggunakan hasil foto kalian sendiri, akan terasa lebih personal serta mampu berbicara lebih banyak tentang kalian sendiri.
  9. Fotografi bisa menghadirkan penghargaan
    Gambar kalian mungkin tidak bisa membuat terkenal, tetapi menjadi dikenal sebagai orang yang membuat foto yang bagus bisa cukup berarti bukan? Akan terasa menyenangkan jika mendengar seseorang berkata: Wow!! foto yang bagus, bisakah saya mendapat cetekannya? bagaimana kamu membuatnya? Penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi dalam dunia fotografi kalian.Fotografi bisa menghasilkan uang
  10. Sudah bukan rahasia lagi bukan bahwa fotografi bisa menjadi ladang uang
    Banyak hal yang bisa dilakukan dari memotret anak kecil tetangga kita, mengikuti lomba fotografi atau menjual foto kita secara online. Bisa juga tetangga atau saudara kita membutuhkan jasa dokumentas acara-acara beharga mereka seperti reuni, pernikahan, acara kantor dan lain-lain.

Semakin sobat mendalami serta belajar fotografi, maka bisa dipastikan semakin baik pula foto-foto yang kalian hasilkan. Semakin bagus hasil foto kita maka kita akan semakin percaya diri, jadi tunggu apa lagi?? ambil kamera kalian dan memotretlah!!

sumber : Infofotografi[dot]com

Leave a comment

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s